Anak mami?? Gila cing,, masak aku di bilang anak mami. Ahh…. Tapi kalau di pikir2 lagi,, kayaknya tuh sebutan emang cocok buatku.. lho kok??

Ceritanya panjaaaaaaaaaaang,,,,!!!

Aku Andre,,, pasaran banget ya tu nama?? Hehhe… ndak apa lah… aku juga emang sering kepasar cuy,,, hubunganannya???

Gini nih ceritanya, aku kan anak satu2nya cowok, So, kemana mama pergi aku lah yang harus nganter. Belanja,(bisanya kepasar sihh,, hihi), arisan, pertemuan keluarga,, dlll. Aku sih sebenarnya nyantai aja,, abis hal itu udah biasa aku lakuin,, adek2ku masih terlalu kecil kalo harus disuruh buat nganterin mama. Tapi yang bikin bête abis,,, kalau pas malam minggu mama ada arisan keluarga. Ya elaah,,,, aku Cuma bisa gigit jari daah,,,, apalagi kalo si jono udah lewat didepan rumah dengan pakaian rapi lalu menyapaku,, “Hei ndre,,,, gak jalan? Betah amat dirumah…” lalu kujawab, “Ni juga mau jalan,,, “

“Kemana??”

“Nganter nyokap arisan,,,”

“Haaa,,,,, gila kamu ndre, masak malam mingguan bareng emak2 arisan,,,, wkwkwkwk”

Huh,,,,,,,,, kalau udah denger si jono ketawa2 kayak gitu, secepat mungkin aku tinggalin.. ntar kalo dilayan makin nambah gilanya.

“GOd,,, kenape nasibku apes banget, malam minggu gak ada acara apel2an,,, kalau gak nganter mama,, palingan dirumah,, melototin layar computer kalau gak ya nonton… trus kalau semuanya gak enak dilakuin ya udah tiduuur, haaaaaa,,, itu doAng??? Kasian benget!!”

Hmmm,,, sekali lagi aku Cuma bisa narik nafas dalam2 sembari menghembuskannya lagi. Kalo diliat2 aku sangat cakep.. semua yang ada dirumah mengakui. tapi dari sejak SMP sampai kuliah,, malah sampai aku kerja masih aja ngejomblo.. sekali lagi Gila cing!!@

Bahkan kadang2 aku males denger temen2 yang ngebahas tentang Cinta,,, cinta… dan cinta…

“CINTA”……………??? Halaaah,,, dikit..dikit Cinta.

Kenapa hidup ini harus dipenuhi dengan cinta…….?? Jujur aku bingung.

Aku pengen hidupku ini jauh dari tuh makhluk yang menyakitkan. (Wihhh,,, serem bener bung,,,, emang sesakit apasihhhhh? hhehhe)

Suer daah sakit banget,,,,@ udah berapa kali tu makhluk (baca:CINTA), numbuh dihati, tapi yang bikin nyakitin, pas aku nyoba ngungkapin ni perasaan ama tu cew,,, Ehhhh, lagi-lagi aku ditolak.

“Akhi,,, simpan aja Cintamu untuk seseorang yang berhak memilikinya..! Ana belum siap. Ana masih butuh konsentrasi untuk menjalankan kewajiban ana menunutut ilmu.”

Itulah kata2 cew terakhir yang pernah kutembak. Dan pada saat itu aku dipanggil ‘Akhi’. Aku merasa asing dipanggil dengan sebutan itu.

Apaan tuh? Akhi-Akhian…….Cuma buat berlembut-lembut biar aku gak kecewa??

HUuuuhh,,, gak pake akhi2an juga,, aku da pasti kecewa. Hikssssss… (pengen ku gigit juga ni bantal).

Gak bisa di itung dengan jari, udah berapa kali aku ditolak. Kenapa ya’?? ‘Cerdas’,,,(masuk kategori), ‘Cakep’ (Gue banget), So….??? Apa yang buat cew2 pada nolak?? Mau tauuu?? Jujur,,! Aku sendiripun ndak tau.

Tapi,,, setelah dipikir2 lagi, Tu makhluk (baca:CINTA), tumbuhnya emang gak disembarang tempat,,, Abiz, asal tumbuh pasti sasarannya cew berjilbab, terus anak ROHIS pula. dan pas kuliah juga yang diincer anak LDK.. (Wihhh,, pantes Bung… gak pernah nyambung. Tu cew2 mana mau di ajak pacaran..) Weleh,,weleh,.,,

Makanye,, sampai sekarang ane masih aja jomblo,,hhihihi. Jujur lagi ne,,, gak keitung juga udah berapa cew yang ngejer2 buat dijadiin pacar.(Gak Geer lho,,, ne emang bener sob,..) tapi sayang selalu kutolak. Abis gak berjilbab,, gak enak mandangnya. Hheheh (ne mata ternyata milih2 juga euy). Dan sampai aku selesai S1, Status jomblo masih aje nempel (udah kayak perangko aja ding). Kalo ditanya ama hati yang paling dalam,,, keinginanku punya pacar Dari dulu kuat banget,,,@ bahkan aku sempat ngiri liat temen2 jalan ama pacarnya. Waktu SMP, aku jealous Liat Randy sahabatku jalan ama pacarnya. Dan waktu SMA,,, lebih parah lagi bro,,, penolakan bertubi-tubi yang gak ada abisnya menghampiri. Dari Annisa, Ainy, Keisya, dan beberapa deret nama cew berjilbab yang pernah kutaksir tapi semuanya pada nolak… Alasannya, “Gak Mau Pacaran” (Gile ,,!!! Ketamapanan gue lama2 bisa basi juga ne..)

Wiiih,,, Ngejomblo bener2 nyakitin bro,, Tiap malam minggu dirumah aja, Abis emang gak ada someone special. Padahal aku kan juga butuh temen curhat, temen untuk sharing atau diskusi tentang topik2 menarik. Gak ada teman special yang bisa diajak jalan2 menikmati keindahan senja yang begitu teduh. Dan satu lagi, gak ada tempat untuk saling mencurahkan kasih sayang,, hiksssssss… (sedih ne,,, Lu pade ketawa lagi).

Dan waktu kuliah,, tepat nya semester tiga, tu makhluk (baca:CINTA), Tumbuh lagi didasar hati yang paling dalem… (sueeerr gak kuat). Terus kucoba memberanikan diri buat ngungkapin.. namanya Azizah. Cantik bro,, pake kacamata, dan yang pasti tuh cewek berjilbab. Jiwa gentle tiba2 muncul begitu meyakinkan,, gak ada nervous2 nya sama sekali,,,

Tapi alhasil……………!! (lo pada da tau lah apa jawabannya,,, suerr dah ‘sakiiit’ buat nulis)

Kesimpulannya,, status jomblo bukanlah semata-mata pilihanku,, tapi tu status nempel karena terpaksa. Dari remaja belia, bahkan sampai remaja bangkotan seperti sekarang ini,,,, HUhuuuuuuuuh.

Tapi, aku bersyukur banget,, waktu kuliah, tepatnya setelah penolakn cinta terakhir itu, aku ketemu ama cow, eits lebih tepatnya Ikhwan. Beliau ngajak aku ikutan nimbrung di organisasi LDK. Awalnya males, tapi setelah ku pikir2 lagi gak ada salahnya juga, biar dapet pengalaman baru. Mana tau dari sono bisa naklukin cew2 berjilbab. Hehe (niat awal dah buruk bener nih.. jangan ditiru sob.!).

Sejujurnya, untuk tahap awal, aku agak minder juga ama semua teman2 yang ada di LDK. Pengetahuan islam mereka luar biasa mantab. aku pengen ngikut jejak mereka, dan setelah ku telusuri ternyata mereka pada rajin melahap buku2 terutama buku yg berbau islami. Pernah aku merasa iri ketika teman-teman yang lain bisa membaca sampai larut malam tanpa henti, sementara aku gak bisa. Namun dengan usaha yang luar biasa dan tertanam kuat didalam hati, akhirnya aku termotivasi dan mulai menjadikan aktifitas membaca sebagai sesuatu yang WAJIB. Memang ketika kita sudah menemukan kenyamanan dalam membaca, kita dapat merasakan bahwa membaca adalah hal yang mengasyikkan. Keaktifanku di organisasi lembaga dakwah kampus khususnya pada bidang Syiar dan Pelayanan Kampus menginginkanku untuk menyiarkan Islam lebih luas lagi benar2 telah membuka mataku tentang apa yang sebenarnya ku cari dalm hidup ini.

“Cinta”,,, ya elahh,, cinta lagi..@ hehe.

Aku baru sadar, bahwa tenyata Allah sangat sayang kepadaku. aku bersyukur banget Selama ini, cinta ku yang berlebihan kepada makhlukNya tak pernah sekalipun terealisasikan. Ada rahasia dibalik itu semua… Cinta memang fitahnya manusia, semua pasti merasakan, namun ada rambu2 yang patut kita patuhi. Islam tak mengenal istilah pacaran, tak ada pula pacaran islami seperti yang di gembor2kan remaja zaman sekarang. Berani berkilah dengan melabelkan islami pada perbuatan maksiatnya itu. pada dasarnya inilah yang patut kita waspadai, karena jalan menuju perzinahan telah dilabelkan denga kata ISLAMi.

Pacaran yang merupakan gerbang menuju zina ini, jika dianggap "islami" maka dikhawatirkan akan muncul generasi yang akan menghalalkan perkara-perkara haram lainnya, karena adanya label "islami" sehingga mereka nantinya akan membuat istilah "KHAMAR islami", "mencuri islami", "riba islami", "judi islami", dan lain sebagainya. Nudzubillah…

Aduh,, kalau ingat penolakan2 waktu dulu,, pengen gantung diri rasanya, tapi gantung dirinya dipohon cabe mama aja,, yang ada dibelakang rumah hehe,,, dan sampai saat ini saat aku udah berumur 28 th,,,, aku juga blom punya pacar. alasannya bukan karena aku ditolak, tapi karena aku yang berusaha menahan diri mempertahan kehormatanku. Lo semua jujur deh.. pasti pada pengen punya pendamping yang bersih dari hal2 negatifkan?? Jujur aja dah!! Emang pada mau punya tambatan hati yang udah dicoel (maaf, lebih tepatnya lagi udah diraba2 sana sini) ama orang laen?? Gak mau kan? So, ada baiknya lo semua menahan diri dan terus berusaha menggunakan waktu sebaik mungkin untuk terus belajar, merenungi apa yang selama ini udah kita lakuin udah bener apa gak. Yaa,, sedikit2, toh semuanya butuh proses. Pernah baca surat An-Nur kan,, ayat 26 kan? Nah kalo lupa ayo buka lagi. Isi dalam ayat Itu janji Allah lho, so sebagai seorang muslim kita kudu yakin….!!

Hmm,, Jomblo yang aku sandang akhirnya berakhir juga setelah aku benar2 siap untuk lebih memilih menikah. Dan bahagianya aku,, sungguh2 sangat luar biasa, karena yang kudapati adalah seorang muslimah yang sangat menjaga kehormatannya.

Berkali2 bibir ini mengucap syukur, ternyata ada hikmah dibalik status jombloku selama ini.

Ini adalah sebuah pengalaman hidupku, berbahagialah bagi sobat2 semua yang masih jomblo. Bersabarlah,..@!! jodoh Berada digenggamanNYA. Jika telah tiba waktunya, maka yakinlah akan ada jalan untuk melepasakan masa lajang kita. tugas kita berusaha dan berdoa. Selagi muda, mari pergunakan waktu untuk terus belajar, pahami agama kita meskipun harus melangkah secara parlahan, tertatih-tatih sekalipun, namun tetaplah untuk selalu yakin bahwa semua akan indah pada waktunya.

Lebih asyik NGEJOSH sobb,,, alias Ngejombol Sampai Halal@